Kenapa harus ganti ke Keyboard Mekanik / Mechanical Keyboard??

Keyboard Mekanik

Keyboard mekanik adalah keyboard yang diciptakan dengan kualitas tinggi dengan menggunakan teknologi spring(per) activated dalam switch keyboard. Beda dengan keyboard membran biasa yang menggunakan karet atau yang sering disebut Rubber Dome, Keyboard mekanik menggunakan switch yang bermacam macam demi kenyamanan dalam mengetik dan pastinya bermain game.
Mechanical Switch


Rubber Dome


Menggunakan keyboard mekanik memiliki lebih banyak keuntungan dibanding dengan keyboard membrane biasa yang menggunakan karet. Beberapa keuntungan yang didapat jika memakai keyboard mekanik
  1. Durability. atau biasa disebut ketahanan merupakan salah satu hal yang ditonjolkan oleh keyboard mekanikal. Setiap keyboard mekanikal menggunakan switch mekanik berbahan metal dan plastik. Keyboard mekanikal pun terasa lebih berat dan kokoh, karena memang switch yang digunakan merupakan switch berkualitas tinggi. Jika dirawat secara baik, keyboard mekanikal akan bertahan sangat lama. Sebagai contohnya, keyboard mekanikal dapat bertahan 50 juta kali bahkan lebih, sedangkan membrane rata-rata hanya 10 juta kali.
  2. Feedback Sound. bunyi yang keluar dari switch mekanik. Namun tidak semua orang menyukainya, sebagian orang menganggap bunyi ini mengganggu karena memiliki bunyi hampir mirip seperti mesin ketik di masa lampau.
  3. Lebih Akurat. mengetik di keyboard mekanikal memang akan memberikan sensasi lebih akurat. Itu disebabkan karena tiap keycaps mempunyai jarak beberapa milimeter yang biasanya tidak didapatkan di keyboard membran. Juga, tiap keycaps di keyboard mekanikal memiliki bentuk agak sedikit melengkung sehingga saat mengetik pun lebih nyaman.
  4. Bermacam-macam kostumisasi. Semua bagian dari keyboard mekanik dapat di kostumisasi, seperti Keycaps, Keyboard Body, LED, bahkan switchnya. dengan ini bagi yang memiliki keyboard mekanik dapat memodifikasi meyboard mereka sesuai keinginannya.
Cherry Switch
Cherry Switch adalah switch paling terkenal dalam dunia keyboard mekanik. Switch ini memiliki kualitas teratas dibanding dengan switch lainnya. Switch yang diproduksi di jerman ini memiliki ketahanan dengan kisaran 60-80 juta kali ketik. dan juga switch ini memiliki macam macam warna tergantung dengan keinginan sang pembeli. macam-macam warna switch ini adalah :
  • Red Switch(Merah). Red switch adalah switch yang terkenal dengan kecepatannya. ini adalah switch tercepat dan paling ringan dibanding dengan switch lainnya. dan ini tidak mengeluarkan suara yang begitu keras dibanding dengan Blue Switch. switch ini sangat nyaman untuk dipakai mengetik biasa karena tidak terlalu memerlukan tekanan yang keras untuk mengaktifkan switchnya.




  • Blue Switch(Biru). Blue switch adalah switch yang terkenal dengan suaranya. Switch ini mengeluarkan suara terkeras dibanding denga switch lainnya. sebagian orang membeli Blue Switch karena ingin mendengarkan suara indahnya ketika mengetik maupun bermain game. dan ya, switch ini lebih berat dibanding degan Red Switch, dan ini memerlukan tekanan ang lebih keras dari Red Switch untuk mengaktifkan switchnya.


  • Brown Switch(Cokelat). Brown switch memang kurang terkenal dibanding Red dan Blue, karena ia tidak memiliki hal yang unik yang di tawarkan. Switch ini terasa seperti Blue, namun tanpa suara seperti Red. Sebagian orang ingin memiliki switch ini karena ingin merasakan taktil yang dimiliki Blue namun tidak menyukai suaranya. 







  • Black Switch (Hitam). Switch hitam adalah yang terberat. banyak orang yang tidak meminatinya karena tidak terlalu menarik perhatian para pencinta keyboard mekanikal. namun meskipun begitu, tetap ada orang yang meminatinya. mengenai semua switch yang telah ada, itu semua tergantung dari perspektif masing masing dalam hal peminatan. Black switch memerlukan tekanan yang cukup keras untuk mengaktifkannya, namun tidak seberat dengan Rubber Dome.



Summary
Memang benar, keyboard mekanik memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan keyboard Rubber Dome. namun keyboard mekanik akan mengubah cara pandang setiap orang terhadap "mengetik". bagi mereka yang masih labil dengan pilihan membeli atau tidak, mungkin lebih baik untuk bertanya kepada pemilik keyboard mekanik untuk mengetahui pendapat mereka apakah sepadan dengan harganya ataukah tidak.

Bonus
Sebagai saran, saya sebagai pemilik keyboard mekanik ingin berbagi tempat dimana saya membeli keyboard saya, yaitu disini


Thank you for your time




Comments

Popular posts from this blog

Produk Kerajinan Hiasan Dinding Hasil Daur Ulang Limbah